Tuesday, July 8, 2014

Jurusanku Teknik Sipil

     Awalnya saya masih bingung mau kuliah jurusan apa.Kemudian saya mendengar Teknik sipil yang saat itu mungkin masih sangat asing di telinga saya.


Kemudian saya mencoba browsing dan tanya-tanya mengenai teknik sipil itu apa kepada orang-orang terdekat saya.Ternyata teknik sipil didefinisikan sebagai praktek merancang, membangun dan memelihara lingkungan.Kebetulan saya menaruh minat besar pada bidang desain dan konstruksi.Kemudia juga saya sangat menekuni bidang Fisika dan Matematika yang katanya menjadi dasar dari teknik sipil.
Selain itu prospek kerja lulusan teknik sipil cukup beragam seperti di bidang properti, konstruksi, maupun produksi.Lulusan program studi ini memiliki keahlian di bidang perencanaan,
konstruksi dan pemeliharaan infrastruktur jalan, pelabuhan, jembatan, bandara, industri rekayasa struktur dan penatakelolaan sumber daya air.
      Ketika saya search di google ternyata gaji rata-rata untuk lulusan Teknik Sipil di Inggris termasuk tinggi, yaitu £23,720 per tahun. Keistimewaan lain adalah, pekerjaan di bidang ini sering kali mengharuskan kita untuk berpergian ke banyak tempat untuk mencari data dan informasi penting untuk menyelesaikan proyek.
    Selain di bidang seperti properti, konstruksi, maupun produksi ternyata masih banyak juga lowongan kerja yang tersedia seperti  di Bidang Bisnis, Hukum, Jurnalisme dan Pendidikan. Lulusan program studi ini mudah terserap di dunia kerja, terutama di instansi pemerintah (Departemen PU, Departemen Pertanian, Bappenas, Bappeda, Dephub, Kementrian Perumahan Rakyat), kontraktor bangunan dan infrastruktur, dan industri struktur swasta maupun asing.
       Sempat saya bertanya-tanya dalam hati,lalu apa perbedaan teknik sipil dengan arsitek bukannya pofesi itu 11-12 sama-sama ngerancang?Berkat jasa mbah google ternyata aku bisa membedakannya Perbedaan dari arsitek itu, terletak pada posisi ahli teknik sipil dalam sebuah proyek. Arsitek menyumbangkan rancangan, ide, kemungkinan pelaksanaan pembangunan di atas kertas. Hasil rancangan tersebut diserahkan selanjutnya kepada staf ahli bidang teknik sipil untuk pelaksanaan pembangunan. Tahapan ini, ahli teknik sipil melakukan perbaikan/saran dari pelaksanaan perencanaan, koordinasi dalam proyek, mengamati jalannya proyek agar sesuai dengan perencanaan. Selain itu, ahli teknik sipil juga membangun konsep finansial dan manajemen proyek atas hal-hal yang memengaruhi jalannya proyek.
       Teknik sipil/,/Konsentrasi Jalan Tol juga menjadi salah satu jurusan yang berprospek baik di masa depan Proyek pembangunan jalan tol ribuan kilo yang dicanangkan pemerintah membuat bidang konstruksi berprospek cerah.
         Semenjak saat tu saya memanapkan hati untuk memilih jurusan tersebut.Karena di lihat dari prspek erja kedepannya menjamin.Namun menurut saya hampir semua jurusan itu memiliki prospek kerja yang besar,semua tergantungp pada diri kita  tyk menekuni bidang yang telah kita pilih.Sekali lagi semuanya tergantung pada kualitas diri kalian masing-masing.

No comments:

Post a Comment