Tuesday, July 8, 2014

Sumbawa "Sabalong Samalewa"

    Sumbawa merupakan salah satu kabupaten yang berada di Nusa Tenggara Barat (NTB).Terletak di ujung barat pulau Sumbawa,pada posisi 116'' 42'-118" 22' bujur timur dan 8" 8'-9' 7' Lintang selatan.



Kabupaten Sumbawa sendiri memiliki motto "SABALONG SAMALEWA.yang artinya Membangun secara seimbang dan serasi antara pembangunan fisik marerial dengan pembangunan fisik material dengan pembangunan mental spiritual (Dunia dan akhirat).
Sumbawa di batasi oleh Sumbawa barat di bagian barat sementara di bagian timur di batasi oleh Dompu.Sementara kecamatan terjauh adalah kecamatan Tarano sekitar 103km.
     Sumbawa sangat terkenal dengan tambang emasnya yaitu PT.NEWMONT.Sehingga Sumbawa sering di sebut dengan istilah SAMAWA INTAN BULAENG yang artinya Sumbawa intan dan emas.Sumbawa cenderung berbukit-bukit dan banyak pegunungan seperti gunung Rinjani yang menjadi salah satu letusan gunung paling fenomal yang letusannya berdampak hingga benua Eropa.
Foto Tambang emas PT.Newmont



      Kemudian dari sektor pariwisata Sumbawa tak kalah dengan wilayah lain.Pariwisata di Sumbawa sangatlah banyak salah satunya adalah pulau moyo.Pulau moyo terletak disebelah utara Sumbawa.Pulau ini dikelilingi oleh terumbu karang yang indah dan habitat untuk babi hutan, biawak, kelelawar, rusa liar dan terdapat juga kelompok kera, sapi liar, rusa, babi hutan dan berbagai macam spesies burung, ikan hiu dan kura-kura.
Di Pulau Moyo juga terdapat air mancur yang sangat indah dan bersih.Bahkan Lady Diana dan Mick Jagge pernah mengunjungi pulau Moyo.
Selain pulau Moyo di Sumbawa juga terdapat pantai yang sangat indah hanya saja kurang terexpos ke luar.Sehingga keindahan alam Sumbawa tersembunyi padahal apabila pemerintah daerah dapat memaksimalkannya maka Sumbawa gak kalah terkenal denga Bali.

    Gambar Pulau Moyo


      Rumah adat Sumbawa



     Sumbawa juga memiliki kuliner khas seperti:
1.Sepat
 yaitu 
ikan bakar yang disajikan dengan nasi putih, sambal tomat dan irisan mentimun. Ikan yang dipilih biasanya adalah jenis kakap dan baronang serta berukuran sedang.



2.Singang
ikan bakar yang disajikan dengan nasi putih, sambal tomat dan irisan mentimun. Ikan yang dipilih biasanya adalah jenis kakap dan baronang serta berukuran sedang.



3.Gecok
Gecok me
rupakan salah satu masakan khas Sumbawa yang berbahan utama daging dan jeroan sapi.
dihidangkan dengan cara seperti ditumis dan dibalut dengan parutan kelapa berbumbu.


Kemudian oleh-oleh yang sangat terkenal khas Sumbawa adalah Susu kuda liar,Madu Sumbawa,Permen susu dan masih banyak lagi.

     Demikianlah artikel mengenai pulau Sumbawa semoga bermanfaat bagi pembaca.Kalau kurang puas silahkan kunjungi pulau Sumbawa tempatnya nyaman dan aman masyarakatnyapun ramah.wassalam.
  

No comments:

Post a Comment